Mengenal Apa itu Effort Dalam Hubungan Dan Contoh Penerapannya

Mengenal Apa itu Effort Dalam Hubungan Dan Contoh Penerapannya Mengenal Apa itu Effort Dalam Hubungan Dan Contoh Penerapannya

Dirgasatya.com – Saat ini banyak sekali kata-kata bahasa Inggris yang populer di kalangan anak muda. Salah satu kata yang populer itu adalah kata effort.

Lantas apa sebenarnya arti dari kata effort ini? Lalu Apa kaitannya dengan sebuah hubungan dan bagaimana penerapannya. Mari simak artikel di bawah ini.

Pada dasarnya effort ini berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti upaya atau usaha. Jika dalam hubungan kata effort ini memiliki arti yang lebih dalam lagi. 

Meskipun padanya kenyataannya kata effort ini tidak dapat diartikan secara umum, karena kata ini memiliki artian yang sangat luas tergantung dari penyelipan kata ini di berbagai situasi.

Arti Effort Dalam Suatu Hubungan

Arti effort itu sendiri dalam konteks hubungan pasangan yakni memperhatikan dan memenuhi kebutuhan pasangan.

¬†Maka dapat dikatakan effort ini adalah upaya untuk “hadir” di dalam sebuah hubungan demi mewujudkan hubungan tetap terjaga dengan baik.

Effort ini penting untuk dilakukan oleh kedua belah pihak agar hubungan terus harmonis dan berkembang.

Ada banyak upaya yang dapat diberikan kepada pasangan dalam menjalin hubungan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Tentang Dejavu Lengkap Dengan Penjelasan Ilmiah

Menunjukkan Kasih Sayang Satu Sama Lain

Menunjukkan kasih sayang tidak hanya saat berada di rumah atau ketika di kamar saja melainkan juga ketika berada di tempat umum.

Menunjukkan kasih sayang tidak selalu melibatkan hal-hal yang berbau seksual, kasih sayang dapat diwujudkan dengan memberikan perhatian dengan menggandeng pasangan atau menggunakan bahasa yang manis ketika berbicara.

Saling Mendukung Dan Percaya

Kepercayaan adalah harta dalam sebuah hubungan. Sikap saling mendukung dan saling percaya kepada pasangan akan menciptakan ikatan yang kuat dan sehat diantaranya.

Sikap saling mendukung dapat diwujudkan dengan memberikan dukungan emosional mental ataupun fisik kepada satu sama yang lain dalam berbagai situasi dan masalah.

Sikap ini dapat membantu pasangan merasa percaya dan aman dalam hubungan.

Memberikan Pujian Kepada Pasangan

Memberikan pujian pada pasangan juga merupakan salah satu cara untuk memberikan effort dalam menjaga hubungan tetap harmonis.

Mengapresiasi penampilan, memuji kepintaran, dan bentuk pujian lain dapat menjaga suatu hubungan tetap hangat dan harmonis.

Mengutamakan Komunikasi

Sebagian besar pasangan setuju bahwa komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan. Komunikasi yang baik akan membuat hubungan semakin baik begitu juga sebaliknya.

Untuk itu selalu jaga komunikasi dengan pasangan. Jangan memotong pembicaraan pasangan ketika berbicara, karena bisa jadi pasangan hanya ingin didengarkan tanpa ingin diberikan masukan. Hal ini cukup memberikan effort untuk menjaga sebuah hubungan.

Mengalokasikan Waktu Khusus Untuk Pasangan

Tinggalkan sejenak ponsel matikan TV atau segala hal yang kamu lakukan saat ini. Temui pasanganmu dan fokuskan waktumu khusus untuk berdua dengan pasanganmu. Ini akan menimbulkan perasaan pada pasanganmu bahwa ia penting bagimu.

Baca Juga : Mengenal Anxiety Disorder Lengkap Dengan Gejala Dan Penanganannya

Jangan Gengsi Untuk Meminta Maaf

Terkadang kita melakukan suatu kesalahan yang tidak disengaja kepada pasangan. Pulang terlambat, salah mengucap kata, ataupun hal lain dapat membuat sakit hati pasanganmu. Segera bergegaslah untuk meminta maaf, jangan membiarkan ego masuk dan menguasai dalam sebuah hubungan.

Meminta maaf adalah wujud effort yang sekaligus menjadi kata ajaib di dalam sebuah hubungan. Saling memaafkan akan membuat satu sama lain tidak sakit hati sehingga hubungan dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

Itulah beberapa contoh effort dalam konteks hubungan pasangan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hubungan yang harmonis dan hangat. Selamat mencoba.

You May Also Like