Membuat Twitter Thread Bagi Pemula

Membuat Twitter Thread Bagi Pemula Membuat Twitter Thread Bagi Pemula

Cara Membuat Twitter Thread Bagi Pemula

Keyword : twitter thread, thread artinya, cara membuat thread di twitter

Cara Membuat Twitter Thread Bagi Pemula. Dalam era digital yang penuh dengan informasi singkat dan kilat, Twitter Thread telah menjadi fenomena yang menarik perhatian banyak pengguna media sosial. Thread adalah serangkaian tweet yang saling terhubung, membentuk narasi atau pembahasan yang lebih panjang daripada yang dapat diungkapkan dalam satu pesan singkat. Dengan batasan karakter yang ketat, Twitter Thread memungkinkan pengguna untuk menggabungkan ide dan gagasan mereka dalam format yang mudah dibaca dan dipahami.

Artikel ini akan memperkenalkan Anda pada keajaiban Twitter Thread, menggali bagaimana Anda dapat menulis dan membaca dalam format yang menarik ini. Kami akan membahas teknik-teknik efektif dalam menyusun thread yang menarik dan mudah diikuti, serta cara-cara untuk membuat thread yang informatif dan berdampak.

Twitter Thread telah menjadi sarana yang populer untuk menyampaikan pendapat, cerita, dan informasi yang lebih rinci dalam format yang ringkas. Dengan pemahaman yang tepat tentang cara menulis dan membaca thread dengan baik, Anda dapat memanfaatkan potensi penuh dari format ini, baik sebagai penulis maupun sebagai pembaca yang terampil.

Jadi, mari kita eksplorasi keindahan Twitter Thread bersama-sama dan pelajari Teknik-teknik thread twitter yang menarik ini.

Tutorial Cara Membuat Twitter Thread

Twitter menjadi salah satu media sosial yang ramai digunakan anak-anak muda hingga dewasa. Aplikasi ini digunakan untuk membagikan pesan teks berjumlah 280 karakter. Oleh karena itu, orang membutuhkan thread yaitu cuitan pengguna yang tidak cukup dijadikan satu tweet. Thread artinya benang dalam Bahasa inggris atau Thread dalam bahasa gaul dari utas atau berantai. Thread twitter adalah rangakaian tweet yang terhubung dari satu orang ke orang lain begitu seterusnya. Dengan menggunakan fitur ini kalian bebas untuk membagiakan pengalaman atau cerita-cerita yang ingin kalian bagikan.

Tertarik membuatnya? Simak penjelasan berikut ini

  • Buka twitter kalian
  • Untuk membuat thread kalian tekan tanda plus biru di bagian kanan bawah
  • Klik ikon tweet. Setelah itu, kalian dapat langsung membagikan cerita sesuai kemauan kalian
  • Agar menjadi sebuah thread yaitu tweet bersambung, setelah membuat judul kalian klik tanda plus di bagian kanan kecil
  • Kalian dapat menambah tweet sampai cerita kalian habis, setelah itu klik tweet all di bagian pojok kanan atas

Kalian dapat melihat hasil tweet kalian di bagian profil

  • Kalian juga dapat membuat hasil thread kalian di bagian paling atas, agar siapapun yang ingin membaca bisa lebih mudah menemukannya. Caranya: klik tanda titik tiga di bagian thread yang kalian buat

Klik bagian pin to profile atau kalian dapat menghapusnya dengan cara klik delete

Mudah sekali bukan cara membuat thread di twitter? Tertarik ingin mencobanya?

Teknik-Teknik Dalam Membuat Thread di Twitter

Selain membuat thread, tentu kalian juga harus tahu bagaimana cara membuat thread yang bagus. berikut ini adalah beberapa teknik efektif dalam menyusun thread yang menarik:

  1. Buatlah judul yang menarik: Gunakan judul yang menggugah minat dan memberikan gambaran singkat tentang isi thread.
  2. Gunakan struktur yang jelas: Tentukan alur cerita atau urutan informasi yang logis dan mudah diikuti oleh pembaca. Gunakan kalimat pembuka yang kuat untuk menarik perhatian.
  3. Gunakan tweet pertama sebagai pengantar: Gunakan tweet pertama sebagai pengantar yang singkat dan menarik untuk memperkenalkan topik thread.
  4. Gunakan thread numbering: Gunakan angka atau simbol untuk memberi nomor pada setiap tweet dalam thread. Hal ini membantu pembaca untuk mengikuti urutan yang benar.
  5. Gunakan gaya penulisan yang ringkas: Karena batasan karakter, gunakan kalimat singkat, padat, dan jelas. Sederhanakan kalimat dan hilangkan kata-kata yang tidak perlu.
  6. Gunakan elemen visual: Sisipkan gambar, video, atau meme untuk memberikan ilustrasi atau memperkuat pesan yang ingin disampaikan.
  7. Gunakan penanda untuk keterkaitan tweet: Gunakan kata-kata seperti “Lanjutan dari tweet sebelumnya” atau “Thread ini terbagi menjadi beberapa bagian” untuk menjaga keterkaitan antara tweet dalam thread.
  8. Sisipkan pertanyaan atau ajakan interaksi: Ajak pembaca untuk berpartisipasi dengan bertanya, memberikan pendapat, atau berbagi pengalaman terkait topik thread.
  9. Sampaikan informasi dengan jelas: Hindari penggunaan singkatan atau jargon yang tidak dikenal oleh pembaca. Jelaskan dengan baik konsep atau istilah yang mungkin membingungkan.
  10. Gunakan ending yang kuat: Sampaikan pesan akhir atau kesimpulan yang kuat untuk memberikan kesan yang baik kepada pembaca.

Dengan menerapkan teknik-teknik twitter thread ini, Anda dapat menyusun thread yang menarik, mudah dipahami, dan memikat perhatian pembaca. Selamat mencoba!

You May Also Like