Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop: Tutorial Lengkap

Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop: Tutorial Lengkap
Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop: Tutorial Lengkap

Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop: Tutorial Lengkap

Pendahuluan

Apa yang membuat tulisan melingkar terlihat menarik? Ini adalah salah satu cara untuk menambahkan desain yang kreatif dan menarik pada karya grafis Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat tulisan melingkar di Photoshop. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda akan dapat menciptakan efek tulisan yang indah dan mengesankan dengan mudah.

Berikut adalah tutorial lengkap tentang cara membuat tulisan melingkar di Photoshop:

1. Persiapan Awal

Sebelum memulai, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki Photoshop terinstal di komputer Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi Adobe dan mengikuti petunjuk instalasinya. Setelah Photoshop terinstal, pastikan Anda memiliki gambar atau proyek yang siap untuk diedit. Anda dapat menggunakan gambar atau proyek yang sudah ada atau membuat yang baru.

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis huruf dan ukuran yang ingin Anda gunakan untuk tulisan melingkar Anda. Anda dapat memilih gaya huruf yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

2. Membuat Lingkaran

Pertama, buka dokumen atau proyek di Photoshop. Pilih alat Ellipse Tool dari toolbar di sebelah kiri. Jika Anda tidak dapat melihatnya, klik kanan pada alat Shape Tool dan pilih Ellipse Tool dari menu drop-down yang muncul.

Dengan menggunakan Ellipse Tool, buat sebuah lingkaran di dokumen Anda dengan menarik dan menahan tombol mouse. Pastikan lingkaran ini memiliki ukuran dan letak yang Anda inginkan untuk tulisan melingkar Anda. Anda dapat mengubah ukuran dan posisi lingkaran dengan menggunakan alat Transformasi yang tersedia di bagian atas jendela Photoshop.

3. Menambahkan Teks

Selanjutnya, pilih alat Horizontal Type Tool dari toolbar. Jika Anda tidak dapat melihatnya, klik kanan pada alat Teks dan pilih Horizontal Type Tool dari menu drop-down.

Klik di dalam lingkaran yang telah Anda buat sebelumnya untuk memulai pengetikan. Ketiklah teks yang ingin Anda gunakan untuk tulisan melingkar. Pastikan teks tersebut berada di dalam lingkaran dan sesuai dengan ukurannya.

Sekarang, Anda dapat memformat teks sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat mengubah jenis huruf, ukuran, warna, dan gaya teks lainnya menggunakan alat-alat yang tersedia di bagian atas jendela Photoshop.

4. Mengubah Bentuk Teks Menjadi Melingkar

Setelah teks Anda ditulis, pilih alat Path Selection Tool dari toolbar di sebelah kiri. Ini akan memungkinkan Anda untuk memilih jalur lingkaran yang telah Anda buat secara terpisah dari teks.

Klik pada jalur lingkaran untuk memilihnya. Sekarang, Anda dapat melihat kotak-bounding yang mengelilingi lingkaran.

Pilih kembali alat Horizontal Type Tool dan letakkan kursor Anda di dalam kotak-bounding. Kursor Anda akan berubah menjadi tanda tambah dengan tanda panah melingkar.

Klik dan ketik teks yang ingin Anda gunakan untuk tulisan melingkar. Teks akan mengikuti jalur lingkaran dan membentuk efek melingkar. Jika teks terlalu besar untuk lingkaran, Anda dapat mengubah ukuran teks atau lingkaran dengan menggunakan alat Transformasi.

5. Menyempurnakan Dan Mengedit Teks

Setelah tulisan melingkar selesai, Anda dapat mengedit dan menyempurnakannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengubah ukuran, jenis huruf, warna, dan pengaturan lainnya menggunakan alat-alat yang tersedia di bagian atas jendela Photoshop.

Anda juga dapat menggunakan efek dan filter lainnya untuk menambahkan detail atau memperindah tulisan Anda. Cobalah bermain-main dengan berbagai opsi efek dan filter yang tersedia di Photoshop untuk menciptakan hasil yang unik dan menarik.

Demikianlah tutorial lengkap tentang cara membuat tulisan melingkar di Photoshop. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menciptakan efek tulisan yang indah dan mengesankan secara mudah. Jangan ragu untuk bereksperimen dan menyesuaikan tulisan melingkar Anda untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut tentang bagaimana menggunakan Photoshop untuk menciptakan karya grafis yang menakjubkan, silakan baca artikel kami tentang cara membuat video portrait menjadi landscape. Di artikel ini, Anda akan menemukan tutorial lengkap tentang cara mengubah orientasi video di Photoshop.

You May Also Like